Profil Detty Kurnia

share to whatsapp


Detty Kurnia, dilahirkan di Bandung 15 Agustus 1961. Detty Kurnia memulai karier sejak tahun 1985, banyak mengeluarkan album pop sunda, namanya lebih dulu muncul ketimbang pop sunda seperti Nining Meida AS.  Bahkan pada tahun 2009 lalu, dalam suasana sakit Detty masih mengeluarkan album baru berjudul “Tapak Cinta”. Detty Kurnia populer di Jepang. Detty memang bisa menyanyikan lagu Jepang dengan baik.

Semasa jayanya pada tahun 80-90 an, Detty sering berduet dengan seniman Darso dan keliling dunia sebagai duta budaya dari tanah air, seperti Missi Expo 70 ke Osaka dan Tokyo Jepang tahun 19900-an. Lagu-lagu yang sangat terkenal di tatar sunda antara lain “Mawar Bodas” dan “Maribaya”. Sosok Detty dikenal juga pandai memainkan alat  musik calung dan degung.

Pada Selasa pagi tanggal 20 April 2010, pemilik suara melengking namun lembut itu menghembuskan napas terakhirnya, sesaat dilarikan ke RS. Hasan sadikin Bandung.  Anak kedua dari tiga bersaudara ini wafat di usia  48 tahun. Empat tahun terakhir Detty Kurnia memang menderita kanker payudara, bahkan pada tahun 2008 sempat dioperasi, namun kanker  itu menjalar ke organ tubuh yang lain.




Follow:
Instagram twitter